Senin, 13 September 2010

pembuatan nama-nama jepang


kanji-name
Nama pemberian lebih banyak perbedaan dalam penulisan dan penggunaan karakternya. Nama untuk laki-laki biasanya diakhiri dengan –ro (郎 “son”, but also 朗 “clear, bright”) atau –ta (太 “great, thick”) atau mengandung ichi (一 anak pertama), kazu (ditulis juga dengan一 untuk anak pertama, atau beberapa kemungkinan lain), ji (二anak kedua atau次 “next”) atau dai (大 “great, large”). Sedangkan untuk perempuan menggunakan nama yang diakhiri dengan –ko (子 “child”) atau -mi (美 “beauty”) (Sejak akhir 1980 popularitas dari nama perempuan berakhiran –ko menurun drastis untuk nama bayi dan beberapa perempuan menghilangkan –ko ketika dewasa). Akhiran nama yang populer lainnya untuk perempuan adalah –ka (香 “scent, perfume” or 花 / 華 “flower”) dan – na (奈, or 菜, berarti greens).
Nama Jepang biasanya ditulis dalam kanji, yang merupakan karakter dalam bahasa China tetapi dalam pengucapan dalam bahasa Jepang. Kanji untuk sebuah nama dapat memiliki banyak kemungkinan pengucapan. Nama Jepang adapula yang ditulis menggunakan hiragana atau bahkan katakana atau campuran dari kanji dan kana. Nama tradisional menggunakan pembacaan kun’yomi (berdasarkan bahasa Jepang asli) sedangkan ada pula yang menggunakan on’yomi (berdasakan bahasa China) untuk membaca nama pemberian dan nama keluarga.
Untuk menyingkat nama (biasanya untuk selebritis) umumnya adalah dengan menggunakan penggabungan dua morae dari dua kata. Misalnya, Takuya Kimura (木村 拓哉, Kimura Takuya), aktor dan penyanyi Jepang, menjadi Kimutaku (キムタク). Hal ini kadang-kadang juga diterapkan untuk selebritis bukan asli Jepang, Misalnya Brad Pitt, yang namanya dalam bahasa Jepang adalah Buraddo Pitto (ブラッド ピット) biasanya dikenal dengan Burapi (ブラピ), Jimi Hendrix disingkat Jimihen (ジミヘン). Beberapa selebritis juga menggunakan nama yang menggabungkan antara kanji dan katakana seperti Beat Takeshi (Takeshi Kitano), Marcy (Masashi Tashiro), Martin (Masayuki Suzuki).
Biasanya pada anak-anak dari nama pemberian pun terkadang ditambahi sufiks –chanちゃん. Ada 2 cara untuk penambahan ini. Pertama, nama pemberian yang ditambahi –chan seperti Tarō-chan dari Tarō, Kimiko-chan dari Kimiko, dan Yasunari-chan dari Yasunari. Kedua, penyingkatan dari nama pemberian yang ditambahi –chan seperti Ta-chan, Kii-chan, dan -chan. Walapun umumnya diberikan pada anak-anak, tapi bisa juga nama tersebut masih dipanggil waktu dewasa karena mereka sudah saling mengenal sejak kecil.
Ketika sudah dewasa dan kita berbicara dengan orang lain atau membicarakan orang lain, ada semacam norma dan sopan-santun di dalamnya. Siapa yang kita ajak bicara dan dalam situasi bagaimana. Biasanya untuk memanggil seseorang digunakan nama keluarganya, terutama bila dalam situasi formal dan yang diajak berbicara lebih tua, atasan, dsb, dan umumnya penggunaan titel さん -san ditambahkan setelah nama.
Orang-orang Jepang menghindari pemanggilan senior atau atasan dengan menggunakan nama saja, tetapi dengan sebuah titel. Contohnya, di keluarga menggunakan hubungan keluarga, semisal お母さん okāsan (untuk ibu), di sekolah memanggil 先生 sensei (untuk guru), dan di perusahaan memanggil 社長 shachō (untuk presiden perusahaan). Pemanggilan seseorang tanpa title atau yang menghormati disebut yobisute (呼び捨て) dan dianggap kasar walaupun di situasi yang paling informal atau akrab sekalipun, tapi hal ini masih bisa ditoleransi untuk orang luar negeri.

contoh ::
‎1. Ai – Cinta / Kasih Sayang
2. Aimi – Cinta / Kasih Sayang / Keindahan
3. Akemi – Bersinar / Indah
4. Amaya – Hujan di Malam hari
5. Aoi – Biru
...6. Ayaka – Bunga yang berwarna
7. Ayano – Berwarna
8. Chiyo – Seribu generasi / Abadi / kekal
9. Chiyoko – Anak ke seribu generasi
10. fumiko – Penulis
11. Haruka – jauh
12. Hiroko – Anak yang murah hati
13. Kaori – Aroma / Wangi / Harum
14. Kazuko – Anak yang damai
15. Keiko – Anak yang bahagia
16. Komiko – Anak yang cantik sepanjang masa
17. Mai – Tarian
18. Mami – Keindahan yang sesungguhnya
19. Megumi - Terberkati
20. Misaki – Mekar yang indah
21. Miu – Sayap yang Indah
22. Moe – Kuntum / Bersemi
23. Rin – Dingin
24. Sakura – Sakura / Bersemi
25. Umeko – Bunga Plum Bersemi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar